Tutorial Membuat Blog

Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Blog


  • Sejarah Singkat Blog 
  •      Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakusisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat apikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkebangan para penulis blog tersebut.

  • Pengertian Blog
          Blog (Web Log) adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui internet.
  • Fungsi Blog
       Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisa-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.


Cara Membuat Blog
  1. Langkah awal untuk membuat Blog adalah memastikan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail. Jika Anda belum memiliki akun Gmail, Anda dapat mendaftar di accounts.google.com/SignUp?hl=en . Namun, jika Anda telah memiliki akun, dapat langsung mendaftar di blogger.com. Kemudia klik "Create Your Blog" untuk embuat blog baru.


    2. Langkah kedua, Log In menggunakan Email Gmail dan Password yang telah dimiliki, lalu klik masuk. Setelah masuk, Anda akan di arahkan pada halaman Dasbor Blogger.



   3. Pada halaman Dasbor Blogger, Anda dapat langsung membuat blog baru dengan klik pilihan Blog Baru. Nanti akan muncul jendela halaman untuk mendaftar Blog baru. Seperti di bawah ini

  • Pada kolom judul Anda dapat mengisinya dengan kata atau kalimat yang berfungsi muncul pertama kali pada saat pengunjung membuka blog Anda. Sepert "Welcome to My Blog",
  • Pada kolom alamat, Anda dapat mengisinya dengan alamat link Blog Anda. Seperti "hanialfiyani.blogspot.com"
  • Pada kolom template, Anda dapat memilh tema untuk Blog Anda. Kemudian klik Buat Blog.

Setelah semua prosedur sudah Anda lakukan, maka blog Anda telah dibuat dan siap untuk digunakan.

Komentar